Yuk Intip Liburan Seru Diantara Muntahan Lava di Hawaii
FOTO : ISTIMEWA

Yuk Intip Liburan Seru Diantara Muntahan Lava di Hawaii

Oleh : REDAKSI | TRIBUNINDONESIA.COM | 12 Juni 2017 14:44:44 WIB

TRIBUNINDONESIA.com -

Muntahan lava panas gunung berapi menjadi hal yang paling ditakuti oleh siapapun. Namun, di Hawaii, Amerika Serikat, traveler akan diajak berlayar dan mendekati semburan lava panas Gunung Kilauea. Berani?

Terombang-ambing di atas kapal dan berlayar mendekati muntahan lava panas yang mengalir dari Gunung Kilauea di Hawaii, menimbulkan sensasi luar biasa. Ya, pelancong mengenal wisata ekstrem ini dengan nama Lava Boat.

Gunung Kilauea masuk dalam gunung berapi paling aktif dan berbahaya di dunia. Dalam perjalanan ini, Lava Boat akan mengajak para petualang melihat dari dekat aliran lava panas Gunung Kilauea yang mengalir sejak 28 tahun silam. Gunung bawah laut dengan ketinggian sekitar 13.676 kaki ini senantiasa mengeluarkan cairan panas mematikan ini sepanjang hari.

Mengutip situs resmi Lava Boat dari detiktravel, Senin (12/6), petualangan ekstrem ini sudah memiliki izin dari pengelola Hawaii Volcanos National Park. Kapal yang digunakan untuk pelayaran menegangkan ini juga sudah dilindungi dan tidak akan bermasalah bila terkena air yang sangat panas.

Perjalanan liburan Anda ke Hawaii tidak akan lengkap tanpa menjawab tantangan Lava Boat. Memulai perjalanan dari Isaac Hale Beach Park (Pohoiki), wisatawan akan menuju ladang lava aktif ini.

Awal perjalanan, wisatawan akan disuguhkan panorama laut yang cantik. Namun, setelah 40 menit perjalanan, kepulan asap tebal menyambut kedatangan wisatawan. Laju kapal pun semakin diperlambat. Kemudian, wisatawan pun bersiap dengan kamera.

Ombak yang menggulung pun seolah menggoyangkan ketenangan wisatawan. Meskipun berada beberapa mil dengan puncak lava Kilauea, hawa panas sudah sangat terasa. Takut, kagum, dan tak percaya, tiga perasaan yang berkecamuk dalam benak ketika beribu-ribu kubik lava panas yang mengalir dari puncak gunung ini.

Selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam, pelancong akan disuguhkan atraksi "kembang api" alami yang sangat memukau. Warna merah menyala mengalir di seluruh tubuh gunung ini. Aliran magma cair yang sangat panas secara perlahan mengalir dan jatuh ke dalam laut.

Sesekali ledakan kecil dari cairan lava yang bertemu dengan air laut, menjadi tontonan yang dramatis bagi wisatawan. Anda tidak perlu khawatir karena nahkoda akan memberhentikan kapal di tempat yang tidak terkena lontaran lava panas tersebut.

Ombak yang bergelung, semakin sore akan semakin tinggi. Wisatawan dilarang untuk menyentuh air laut karena titik didih yang sudah sangat panas.

Dalam perjalanan ekstrem selama 2,5 jam ini juga diberlakukan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Wanita hamil, wisatawan dengan keadaan tubuh kurang fit, dan anak-anak berumur kurang dari 7 tahun tidak boleh mengikuti lava tur ini.

Lava Boat membuka perjalanan, tiga kali dalam sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari. Untuk satu kali perjalanan, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar $165 atau Rp 1.560.000 per orang.

Bila mempunyai nyali lebih, sebaiknya Anda mencoba perjalanan Lava Boat pada malam hari. Selain lebih menantang, panorama yang dihadirkan pun akan terlihat lebih cantik. Semburan-semburan lava pada malam hari akan terlihat seperti kembang api yang indah.

Komentar Berita

TRIBUN TERKINI
Tips Hemat Untuk Traveller Millenial

Selasa, 11 Juli 2017 - 11:33:18 WIB

Tips Hemat Untuk Traveller Millenial

Backpacking saat ini menjadi salah satu kegemaran yang diminati oleh banyak kaum millenial. Didukung dengan kehadiran jasa penerbangan dengan harga murah, ditambah kemunculan penyedia jasa akomodasi dengan harga miring bahkan gratis, semakin memberikan akses bagi para millenial dengan jiwa

Inilah Transfer Pemain di Musim 2017/2018

Selasa, 11 Juli 2017 - 11:13:21 WIB

Inilah Transfer Pemain di Musim 2017/2018

Liga-liga sepakbola Eropa telah usai. Kini saatnya para klub kembali meramu strateginya dengan mencari pemain-pemain terbaik. Siapa saja yang hengkang dan siapa yang direkrut? Siapa pelatih yang diganti atau mengundurkan diri? Akankah ada rekor pembelian termahal musim ini? Berikut daftar

Terobosan Terbaru Jack Ma , Supermarket Tanpa Kasir

Selasa, 11 Juli 2017 - 10:34:58 WIB

Terobosan Terbaru Jack Ma , Supermarket Tanpa Kasir

Jack Ma tidak mempunyai supermarket , namun dengan terobosan teknologinya yang sudah di terima di hampir seluruh pelosok di China ini , Jack Ma merambah bisnisnya ke dunia retail. Supermarket tanpa kasir dan salesman , layaknya supermarket konvensional , sekarang harus berhadapan dengan Jack Ma

Luis Milla Hanya Membawa 24 Pemain ke Kualifikasi Piala Asia U-23

Selasa, 11 Juli 2017 - 10:31:33 WIB

Luis Milla Hanya Membawa 24 Pemain ke Kualifikasi Piala Asia U-23

Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-22, Luis Milla hanya membawa 24 pemain ke Kualifikasi Piala Asia U-23. Milla mengaku memutuskan itu karena masih ragu untuk membawa semua pemain ke Bangkok, Thailand. Kualifikasi Piala Asia U-23 akan dilaksanakan pada 19 hingga 23 Juli 2017. Timnas U-16

Selasa Pagi, IHSG Dibuka Menguat 0,03%

Selasa, 11 Juli 2017 - 10:14:17 WIB

Selasa Pagi, IHSG Dibuka Menguat 0,03%

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,74% pada Senin (10/7/2017) atau turun 43,29 poin ke level 5.771,51, setelah dibuka stagnan di posisi 5.814,79. Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG telah bergerak di kisaran 5.769,34 – 5.826,31. Dari 557 saham yang diperdagangkan hari