Yuk Intip Liburan Seru Diantara Muntahan Lava di Hawaii
FOTO : ISTIMEWA

Yuk Intip Liburan Seru Diantara Muntahan Lava di Hawaii

Oleh : REDAKSI | TRIBUNINDONESIA.COM | 12 Juni 2017 14:44:44 WIB

TRIBUNINDONESIA.com -

Muntahan lava panas gunung berapi menjadi hal yang paling ditakuti oleh siapapun. Namun, di Hawaii, Amerika Serikat, traveler akan diajak berlayar dan mendekati semburan lava panas Gunung Kilauea. Berani?

Terombang-ambing di atas kapal dan berlayar mendekati muntahan lava panas yang mengalir dari Gunung Kilauea di Hawaii, menimbulkan sensasi luar biasa. Ya, pelancong mengenal wisata ekstrem ini dengan nama Lava Boat.

Gunung Kilauea masuk dalam gunung berapi paling aktif dan berbahaya di dunia. Dalam perjalanan ini, Lava Boat akan mengajak para petualang melihat dari dekat aliran lava panas Gunung Kilauea yang mengalir sejak 28 tahun silam. Gunung bawah laut dengan ketinggian sekitar 13.676 kaki ini senantiasa mengeluarkan cairan panas mematikan ini sepanjang hari.

Mengutip situs resmi Lava Boat dari detiktravel, Senin (12/6), petualangan ekstrem ini sudah memiliki izin dari pengelola Hawaii Volcanos National Park. Kapal yang digunakan untuk pelayaran menegangkan ini juga sudah dilindungi dan tidak akan bermasalah bila terkena air yang sangat panas.

Perjalanan liburan Anda ke Hawaii tidak akan lengkap tanpa menjawab tantangan Lava Boat. Memulai perjalanan dari Isaac Hale Beach Park (Pohoiki), wisatawan akan menuju ladang lava aktif ini.

Awal perjalanan, wisatawan akan disuguhkan panorama laut yang cantik. Namun, setelah 40 menit perjalanan, kepulan asap tebal menyambut kedatangan wisatawan. Laju kapal pun semakin diperlambat. Kemudian, wisatawan pun bersiap dengan kamera.

Ombak yang menggulung pun seolah menggoyangkan ketenangan wisatawan. Meskipun berada beberapa mil dengan puncak lava Kilauea, hawa panas sudah sangat terasa. Takut, kagum, dan tak percaya, tiga perasaan yang berkecamuk dalam benak ketika beribu-ribu kubik lava panas yang mengalir dari puncak gunung ini.

Selama kurang lebih satu sampai satu setengah jam, pelancong akan disuguhkan atraksi "kembang api" alami yang sangat memukau. Warna merah menyala mengalir di seluruh tubuh gunung ini. Aliran magma cair yang sangat panas secara perlahan mengalir dan jatuh ke dalam laut.

Sesekali ledakan kecil dari cairan lava yang bertemu dengan air laut, menjadi tontonan yang dramatis bagi wisatawan. Anda tidak perlu khawatir karena nahkoda akan memberhentikan kapal di tempat yang tidak terkena lontaran lava panas tersebut.

Ombak yang bergelung, semakin sore akan semakin tinggi. Wisatawan dilarang untuk menyentuh air laut karena titik didih yang sudah sangat panas.

Dalam perjalanan ekstrem selama 2,5 jam ini juga diberlakukan beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Wanita hamil, wisatawan dengan keadaan tubuh kurang fit, dan anak-anak berumur kurang dari 7 tahun tidak boleh mengikuti lava tur ini.

Lava Boat membuka perjalanan, tiga kali dalam sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari. Untuk satu kali perjalanan, wisatawan akan dikenakan biaya sekitar $165 atau Rp 1.560.000 per orang.

Bila mempunyai nyali lebih, sebaiknya Anda mencoba perjalanan Lava Boat pada malam hari. Selain lebih menantang, panorama yang dihadirkan pun akan terlihat lebih cantik. Semburan-semburan lava pada malam hari akan terlihat seperti kembang api yang indah.

Komentar Berita

TRIBUN TERKINI
Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:56:26 WIB

Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Sultan Johor Sultan Ibrahim Ibni Sultan Iskandar. Dia mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan kebudayaan negeri sendiri daripada mengikuti trend budaya Arab. (Ist) SHNet, Jakarta – Sultan Johor mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan budaya mereka daripada mencoba

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:41:18 WIB

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Dua kapal selam Angkatan Laut Rusia dan sebuah kapal selam telah menembakkan enam rudal jelajah Kalibr pada target Negara Islam di Suriah, kata Kementerian Pertahanan Rusia. Militan yang selamat dari serangan tersebut kemudian terbunuh dalam serangan udara. Rudal tersebut diluncurkan dari kapal

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:16:44 WIB

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Pemerintah menanggapi dingin rencana Dewan Perwakilan Rakyat membekukan pembahasan anggaran KPK dan Polri. Menteri Keuangan Sri Mulyani, misalnya, malah bingung dengan rencana DPR tersebut. Menurut dia, rencana itu tidak akan berdampak apa-apa. "Ya, enggak berdampaklah. Penyusunan

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:48:27 WIB

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Xin Shu Seorang tentara yang bekerja selama KTT G20 di China telah dipuji sebagai 'pengawal atau bodyguard yang paling cantik' di situs media sosial China. Ketika para pemimpin dunia bertemu untuk membahas isu-isu penting di Hangzhou, media sosial China lebih terfokus pada

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:15:52 WIB

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Sebuah video animasi persembahan frontroll.com dalam menyampaikan Selamat Hari Raya Idhul Fitri Minal 'Aidin Wal Faizin 1438 H . Di ceritakan disana bahwa Indonesia berada di urutan ke 4 di Dunia dengan jumlah populasi nya. Dengan berbagai suku terbanyak di dunia juga dengan hampir