Mengenal Blank 75; Zona Maut Gunung Semeru
FOTO : ISTIMEWA

Mengenal Blank 75; Zona Maut Gunung Semeru

Oleh : REDAKSI | TRIBUNINDONESIA.COM | 12 Juni 2017 14:47:43 WIB

TRIBUNINDONESIA.com - Dalam kegiatan mendaki gunung, mencapai puncak adalah sebuah kepuasan tersendiri. Begitu pula bila mendaki Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.676 mdpl, sebutan puncak abadi para dewa dirasa sangat pantas untuk disematkan.

Dengan berbagai keindahan yang disimpan Semeru selama pendakian dan eksotisme puncaknya, gunung ini menyimpan zona bahaya bagi pendaki. Terutama saat mereka turun dari puncak. Zona tersebut bernama Blank 75.

Dilansir dari ngalam.co Blank 75 merupakan sebuah lereng sedalam 75 meter yang terletak di timur laut Puncak Mahameru. Blank 75 berada di luar jalur sebelah kanan Arcopodo (pos terakhir pendakian Semeru). Topologi zona tersebut adalah lereng berpasir, yang kemudian terputus dengan jurang setinggi 75-100 meter.

Kawasan tersebut dikatakan zona tengkorak untuk pendakian Gunung Semeru. Sebab banyak pendaki tersesat hingga mengira wilayah itu adalah jalan turun. Namun ternyata hanyalah lereng pasir. Terjatuh di sana begitu berbahaya, pendaki akan sulit untuk mengerem hingga akhirnya benar-benar terjatuh dari ketinggian.

Zona tengkorak pendakian Semeru tersebut mulai terkenal pada tahun 2009. Saat itu ada salah satu pendaki dari UGM Yogyakarta yang terpisah dari rombongannya dan kemudian ditemukan di dasar jurang.

Kebanyakan pendaki yang tersesat di sana karena bingung. Sebab, saat menuruni puncak ada rute yang bercabang dua. Blank 75 berada di timur laut atau belok kanan jika dari puncak, sementara jalur yang benar adalah belok ke arah barat laut.

Berjalan menuju Arcopodo sebenarnya tak sulit jika cuaca cerah, karena Arcopodo akan mudah terlihat. Namun saat cuaca berkabut dan badai, risiko tersesat ke arah Blank 75 menjadi besar, sebab jarak pandang yang begitu terbatas.

Meski menyimpan banyak ancaman bahaya, Gunung Semeru tetap memiliki daya tarik kuat bagi para pendaki. Sebelum mendaki Semeru, ada baiknya menggali info lebih dalam mengenai berbagai ancaman bahaya tersebut terutama Blank 75. Lagi pula, dalam pendakian, puncak adalah bonus dari perjalanan yang memberi banyak pengalaman baru.

Komentar Berita

TRIBUN TERKINI
Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:56:26 WIB

Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Sultan Johor Sultan Ibrahim Ibni Sultan Iskandar. Dia mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan kebudayaan negeri sendiri daripada mengikuti trend budaya Arab. (Ist) SHNet, Jakarta – Sultan Johor mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan budaya mereka daripada mencoba

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:41:18 WIB

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Dua kapal selam Angkatan Laut Rusia dan sebuah kapal selam telah menembakkan enam rudal jelajah Kalibr pada target Negara Islam di Suriah, kata Kementerian Pertahanan Rusia. Militan yang selamat dari serangan tersebut kemudian terbunuh dalam serangan udara. Rudal tersebut diluncurkan dari kapal

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:16:44 WIB

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Pemerintah menanggapi dingin rencana Dewan Perwakilan Rakyat membekukan pembahasan anggaran KPK dan Polri. Menteri Keuangan Sri Mulyani, misalnya, malah bingung dengan rencana DPR tersebut. Menurut dia, rencana itu tidak akan berdampak apa-apa. "Ya, enggak berdampaklah. Penyusunan

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:48:27 WIB

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Xin Shu Seorang tentara yang bekerja selama KTT G20 di China telah dipuji sebagai 'pengawal atau bodyguard yang paling cantik' di situs media sosial China. Ketika para pemimpin dunia bertemu untuk membahas isu-isu penting di Hangzhou, media sosial China lebih terfokus pada

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:15:52 WIB

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Sebuah video animasi persembahan frontroll.com dalam menyampaikan Selamat Hari Raya Idhul Fitri Minal 'Aidin Wal Faizin 1438 H . Di ceritakan disana bahwa Indonesia berada di urutan ke 4 di Dunia dengan jumlah populasi nya. Dengan berbagai suku terbanyak di dunia juga dengan hampir