Bisa Dilalui Pemudik, Tol  SuMo Diresmikan Hari Ini
FOTO : ISTIMEWA

Bisa Dilalui Pemudik, Tol SuMo Diresmikan Hari Ini

Oleh : REDAKSI | TRIBUNINDONESIA.COM | 19 Juni 2017 10:27:02 WIB

TRIBUNINDONESIA.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meresmikan pembukaan jalan tol jurusan Surabaya-Mojokerto atau Sumo di pintu gerbang tol Waru, Kabupaten Sidoarjo, Senin (19/6/2017)pagi.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim jalan tol Surabaya-Mojokerto kami buka," ujarnya saat pembukaan yang didampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Terhitung sejak hari ini, jalan tol yang menghubungkan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo hingga Kabupaten dan Kota Mojokerto tersebut diberlakukan untuk para pengendara, terutama pemudik dalam rangka Lebaran 2017.

Tak hanya berhenti di Mojokerto, ruas tol tersebut kini juga sudah tersambung hingga Kertosono yang melintasi Kabupaten Jombang hingga Kabupaten Nganjuk, tepatnya lepas Sungai Brantas setelah simpang Mengkreng.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut menyampaikan adanya jalan tol itu akan mengurai kepadatan kendaraan di jalan sehingga mampu mengurangi kemacetan yang biasa terjadi pada musim arus mudik.

"Harapannya untuk mengurangi kemacetan di beberapa titik yang biasanya terjadi kepadatan sepanjang jalur Surabaya hingga Mojokerto, sekaligus memperlancar proses arus mudik dan balik," ucapnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menyarankan pengendara untuk lebih berhati-hati dan waspada di pintu masuk maupun keluar dari jalan tol yang memang biasanya terjadi penumpukan.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Surabaya Mojokerto Budi Pramono mengaku bersyukur walaupun tanah baru bebas terakhir 30 Maret 2017, namun jalan sepanjang 36 kilometer sudah tersambung meski hanya satu jalur.

"Alhamdulillah semua sudah tersambung dan bisa digunakan oleh pemudik meski satu jalur dan masih bersifat fungsional," katanya.

Ia berharap kepada pemudik bisa melalui jalan tol dengan baik, namun kecepatan kendaraan tetap diminta tidak lebih dari 40 kilometer per jam.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Iryansyah, Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Aris Yuda Legawa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jatim Gatot Sulistyo Hadi, serta Asisten II Sekdaprov Jatim Fatah Jasin.

Komentar Berita

TRIBUN TERKINI
Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:56:26 WIB

Sultan Johor : Stop Adopsi Praktik Kebudayaan Arab.

Sultan Johor Sultan Ibrahim Ibni Sultan Iskandar. Dia mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan kebudayaan negeri sendiri daripada mengikuti trend budaya Arab. (Ist) SHNet, Jakarta – Sultan Johor mengingatkan warga Malaysia untuk mempertahankan budaya mereka daripada mencoba

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:41:18 WIB

Rusia Menembakan 6 Peluru Kendalinya Ke ISIS Di Suriah

Dua kapal selam Angkatan Laut Rusia dan sebuah kapal selam telah menembakkan enam rudal jelajah Kalibr pada target Negara Islam di Suriah, kata Kementerian Pertahanan Rusia. Militan yang selamat dari serangan tersebut kemudian terbunuh dalam serangan udara. Rudal tersebut diluncurkan dari kapal

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Jumat, 23 Juni 2017 - 13:16:44 WIB

DPR Ancam Boikot Anggaran KPK-Polri, Sri Mulyani: Tak Berdampak

Pemerintah menanggapi dingin rencana Dewan Perwakilan Rakyat membekukan pembahasan anggaran KPK dan Polri. Menteri Keuangan Sri Mulyani, misalnya, malah bingung dengan rencana DPR tersebut. Menurut dia, rencana itu tidak akan berdampak apa-apa. "Ya, enggak berdampaklah. Penyusunan

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:48:27 WIB

Xin Shu Bodyguard Perempuan Tercantik Di Dunia

Xin Shu Seorang tentara yang bekerja selama KTT G20 di China telah dipuji sebagai 'pengawal atau bodyguard yang paling cantik' di situs media sosial China. Ketika para pemimpin dunia bertemu untuk membahas isu-isu penting di Hangzhou, media sosial China lebih terfokus pada

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:15:52 WIB

Hari Kemenangan Dalam Persaudaran.

Sebuah video animasi persembahan frontroll.com dalam menyampaikan Selamat Hari Raya Idhul Fitri Minal 'Aidin Wal Faizin 1438 H . Di ceritakan disana bahwa Indonesia berada di urutan ke 4 di Dunia dengan jumlah populasi nya. Dengan berbagai suku terbanyak di dunia juga dengan hampir